Malfungsi Kelenjar Tiroid pada Wanita

Kelenjar tiroid lebih dikenal dengan kelenjar gondok, berguna untuk menghasilkan hormon yang penting fungsinya bagi metabolisme tubuh. dalam tubuh, letak kelenjar ini di sebelah kanan dan kiri leher. jika tubuh kurang Yodium, kelenjar ini akan membengkak.

* Gangguan tiroid paling parah disebabkan oleh ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh. sel2 yang berfungsi menghancurkan bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh justru berbalik menyerang kelenjar tiroid karena kelenjar itu tidak mampu lagi mengeluarkan hormon esensial bagi metabolisme tubuh.

* Dibanding laki-laki, perempuan berkemungkinan 7x lebih besar menderita gangguan tiroid. ini terlihat dari rambut wanita yang lebih cepat memutih (bahkan meskipun umurnya masih sangat muda). karena sistem kekebalan tubuh memang dapat mempengaruhi kondisi pigmentasi rambut.

* Penyebab lain adalah akibat dari penyakit2 kronis, stress berkepanjangan, perubahan hormonal karena kehamilah, sedang atau baru saja melepas pil kontrasepsi. tekanan2 hidup seperti itu dapat memicu sel2 imun yang gagal berfungsi. jadi pada saat virus menyerang tubuh, sistem kekebalan tubuh yang semestinya melumpuhkan virus tersebut, justru mengarahkan sasarannya ke kelenjar tiroid. akibatnya sel2 imun mematikan tanggung jawab tiroid, kelak produksi hormon tiroksin terangsang hebat sehingga kelenjar tiroid jadi tidak terkendali. anda pun jadi gampang lelah, sakit kepala dan cenderung bertambah berat badan, gampang cemas, merasa ngeri, khawatir berlebihan, pucat, mata cekung karena kurang tidur, dan berhalusinasi.

* Ada 2 tindakan pertolongan yang bisa dilakukan. pertama, dengan menggunakan obat semacam Tapazole yang sifatnya mirip dengan karakter kelenjar tiroid. namun resikonya, obat ini harus terus menerus diminum selama hidup. pengobatan kedua yaitu dengan Radioaktif Yodium yang dapat diserap oleh kelenjar tiroid. Yodium dapat menghancurkan bagian tertentu dari kelenjar tiroid, sehingga kelenjar tiroid tidak lagi hiperaktif.

* Penyakit ini bukan jenis langka. namun demikian, dokter sering salah mendiagnosa. apa yang bilang si pasien menderita migren atau bahkan tumor otak. maka cara paling tepat menentukan seseorang mengidap penyakit graves (gangguan kelenjar tiroid) adalah dengan tes darah terhadap hormon yang merangsang tiroid (Thyroid stimulating hormone/TSH) secara teratur. kelenjar pituitari yang terletak di bawah otak akan melepaskan TSH sebagai reaksi terhadap rendahnya kadar hormon tiroid dalam darah. saat kelenjar bekerja dengan lambat, kadar TSH mencapai di atas batas normal tertinggi.

* Untuk menguji TSH bisa dengan mengetes kadar kolesterol setiap 5 tahun sekali, saat usia beranjak 30 tahun. boleh jadi pada kondisi tubuh yang berkolesterol tinggi, anda cukup menobati kelenjar tiroid untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut.

* Dan jika anda berencana untuk hamil, perlu untuk anda menurunkan kadar TSH lebih dahulu, serendah mungkin. dan setelah bersalin, hendaknya anda menjalani pengujian tiroid dan mengulanginya lagi setelah 3 bulan.

sumber : http://www.untukku.com/artikel-untukku/malfungsi-kelenjar-tiroid-pada-wanita-untukku.html#more-7359

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: