“Ada Upaya Pengkaburan Nilai-Nilai Pancasila”

YOGYAKARTA – Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM melihat salah satu sebab yang menimbulkan melemahnya jiwa dan karakter nasionalisme bangsa Indonesia adalah adanya pengkaburan nilai-nilai Pancasila khususnya melalui Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn).

Staf peneliti PSP UGM Heri Santoso mengatakan, pengkaburan antara lain dilakukan pengubahan nama PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) menjadi Pkn saja.

“Meskipun kelihatan sepele, namun ini jelas merupakan salah satu upaya pelemahan nilai-nilai Pancasila,” kata Heri di kampus UGM, Jumat (14/5/2010).

Disamping itu, imbuh Heri, kurikulum Pkn di tingkat SLTA khususnya hanya mencantumkan pokok bahasan Pancasila dalam sub bab kecil di kelas XII saja. Padahal Pancasila adalah salah satu sarana penumbuhan semangat nasionalisme dan pembangunan karakter bangsa yang efektif.

“Dalam mata pelajaran PKN pokok bahasan tentang nasionalisme hanya mendapat porsi yang kecil dalam mata pelajaran Pkn tingkat SLTA, sedangkan sebagian besar pokok bahasan Pkn adalah tata negara,” ujarnya.

Heri mengatakan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan Pusat Studi Pancasila terhadap 10 sekolah di wilayah Bantul dengan melibatkan 201 responden terungkap bahwa dengan kurikulum dan pembejalaran Pancasila saat ini para guru mengaku sulit menumbuhkan jiwa nasionalisme dan karakter bangsa. Kurikulum yang ada hanya memungkinkan pengembangan karakter berupa hapalan (kognisi) sedangkan afeksi (penumbuhan mental) diabaikan.

“Di sini memang ada reduksi pendidikan Pancasila kita yang ditengarai dilakukan secara by design,” jelas Heri.

Kondisi ini, imbuh Heri, juga diperparah dengan tidak dimasukkannya Pkn dalam mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional (Unas) . Artinya dengan ada atau tidak adanya Pkn dianggap tidak berpengaruh terhadap apapun.

“Para guru dan siswa menjadi malas terhadap mata pelajaran ini,”katanya.

sumber : okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: