Kalau Cemburu Rasuki Cinta Dua Sejoli

CEMBURU adalah emosi yang rumit, terutama dalam hubungan cinta. Jika Anda membiarkan rasa itu terus tumbuh, ujung-ujungnya akan menjadi daya rusak kuat cerita asmara bersamanya.

Kabar baiknya, cemburu adalah juga emosi normal setiap manusia dan bahwa ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk menangani kecemburuan. Berikut, seperti dibeberkan Modern Mom.

Langkah pertama

Berhenti sejenak dari perasaan Anda dan refleksikan perasaan cemburu itu ketika muncul. Cobalah untuk menemukan akar dari emosi tersebut. Biasanya, cemburu muncul akibat rasa takut kehilangan seseorang atau sesuatu. Lepas dari itu, cemburu biasanya juga dikombinasikan dengan kemarahan karena adanya seseorang yang menyerbu teritorial Anda.

Langkah kedua

Bicarakan tentang situasi yang memicu kecemburuan Anda. Jika Anda dapat berbagi emosi dengan tenang, dan tidak menghakimi, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjernihkan suasana dan menghindari aksi saling menyalahkan.

Saat diskusi dengan si dia, mulai setiap pernyataan dengan “Aku” dan bukannya “Kamu”, sehingga fokus penyelesaian masalah adalah pada perasaan dan respons Anda, bukan pada perasaan tersinggung Anda akibat apa yang telah kekasih lakukan.

Langkah ketiga

Pertimbangkan kembali apa arti kecemburuan Anda. Sering kali, orang memanfaatkan perasaan cemburunya untuk mengidentifikasi apa yang menjadi prioritasnya dalam kehidupan juga hubungan cinta.

Ajukan pertanyaan untuk diri sendiri tentang mengapa Anda merasa terancam dalam situasi tertentu. Hal tersebut dapat membantu Anda menentukan langkah yang positif dan konstruktif untuk menjaga prioritas yang telah Anda buat sendiri.

Langkah keempat

Identifikasi percakapan atau pikiran negatif dalam diri yang dapat memicu rasa cemburu menjadi tidak rasional. Orang-orang yang memiliki harga diri rendah atau percaya bahwa orang lain hendak menyerang mereka, biasanya rentan terhadap kecemburuan.

Telusuri sampai ke akar bagaimana percakapan negatif dalam diri, dan ganti percakapan tersebut yang positif. Kalau pikiran negatif itu berasal dari luar diri, seperti teman ataupun keluarga, sekarang saatnya untuk menemukan orang-orang yang mendukung.

Langkah kelima

Luangkan waktu bagi diri sendiri untuk tumbuh dan belajar dari perasaan cemburu itu. Lagipula, Anda tidak dapat menanamkan kepercayaan padanya hanya dalam waktu semalam. Anda memerlukan refleksi diri, diskusi, serta dukungan dari pasangan romantis Anda.

sumber : okezone.com

shareSocial Bookmarking

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: