Olahraga Juga Ada Aturannya!

olahraga santai

RUTIN berolahraga tak hanya membuat tubuh senantiasa fit. Olahraga juga bisa memberikan bonus bagi kulit. Rajin berolahraga dapat membuat kulit lebih kencang dan tampak segar.

Olahraga kardio membantu kulit menyimpan nutrisi lebih baik lalu mengedarkannya melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Tak ada yang menyangkal manfaat olahraga bagi kesehatan. Sayang, walau sudah tahu manfaatnya, banyak orang masih sulit berolahraga secara rutin. Kesibukan bekerja biasanya jadi alasan utama.

Diabetes Mellitus (DM), yang dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis terjadi akibat peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah akibat kekurangan insulin atau reseptor insulin yang tidak berfungsi baik. Di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetesnya menduduki urutan keempat terbanyak di dunia. India berada di urutan pertama, disusul oleh China, dan Amerika Serikat.

Bukan rahasia lagi jika penderita diabetes mellitus kini sudah banyak menyerang kawula muda. Hal ini tak lepas dari asupan makan yang tak terkontrol, dan kurangnya aktivitas fisik. Nah, sebagai pencegahan diabetes, gaya hidup sehat sangat penting dilakoni, di antaranya pengaturan pola makan (diet) dan olahraga.

Untuk olahraga, seperti jogging, berenang, bersepeda, dan senam bisa menjadi pilihan. Namun yang harus diingat, tubuh juga perlu istirahat, dan tidak boleh terus dibebani kerja berat. Lantas berapa lama sebaiknya olahraga dilakukan dalam sepekan?

“Kita tidak boleh capek setelah olahraga, tidak boleh lebih dari 45 menit. Lakukan setiap hari kecuali hari minggu,” papar Susana STP MSc PDEng, Head of Division Nutrifood Research Center dalam acara “Nutrisi Seimbang untuk Cegah dan Atasi Diabetes” di Kembang Goela Restoran, Jakarta, belum lama ini.

Mengapa harus melakukan jenis olahraga kardio? “Pembakaran lemak lebih tinggi dengan olahraga yang sifatnya kardio. Fokus pada latihan kardio, lima sampai enam hari dalam seminggu. Bisa diselingi dengan latihan pembentukan otot,” jelas Susana.

sumber : okezone.com

shareSocial Bookmarking

2 responses to this post.

  1. semangat .. salam kenall…

    thanks..

    di tunggu kunjungan baliknya..hhehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: