Hindari Hamil Anggur dengan Vitamin A

Ibu hamil membutuhkan nutrisi tepat untuk pertumbuhan janin di kandungannya.

PEREMPUAN yang mengalami hamil anggur dapat mengalami komplikasi, dari pendarahan, infeksi,sampai munculnya kanker. Untuk menghindarinya, sebaiknya ibu hamil rajin mengonsumsi vitamin A.

Di Indonesia, angka kejadian hamil anggur berkisar antara 1 dari 40 sampai 400 kehamilan. Di negara-negara Asia dan Amerika, kejadian ini juga masih banyak ditemukan, berbeda dengan negara-negara Eropa yang angka kejadiannya relatif kecil.

“Biasanya, hamil anggur diderita perempuan yang masih muda dan kehamilannya merupakan kehamilan pertama,” tutur ahli onkologi dan ginekologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Andrijono SpOG (K).

Andrijono menjelaskan, hamil anggur atau yang juga disebut dengan Mola hidatidosa, merupakan kehamilan abnormal berupa pertumbuhan yang berlebihan dari sel-sel plasenta atau ari-ari yang berbentuk gelembung-gelembung seperti anggur.

Umumnya, dalam keadaan hamil anggur tidak ada pertumbuhan janin. Namun, dalam sejumlah persentase kecil, hamil anggur dapat pula disertai dengan pertumbuhan janin, atau disebut sebagai hamil anggur parsial. Pada kasus ini, janin tumbuh tidak normal. Janin mengalami kelainan atau cacat bawaan.

“Perempuan yang mengalaminya harus segera mengeluarkan kandungannya, karena hamil anggur bersifat abnormal,” tuturnya.

Wanita yang mengalami hamil anggur dapat mengalami komplikasi, antara lain perdarahan, infeksi, sampai munculnya kanker. Kanker ini kemudian dapat menyebar ke organ tubuh lainnya seperti paru-paru dan otak. Sedangkan kematian akibat kanker setelah hamil anggur, terjadi akibat penyebaran kanker dari otak ke hati.

“Namun, perempuan yang mengalami hamil anggur juga dapat sembuh dan dapat hamil secara normal di kehamilan berikutnya,” ungkap dokter yang juga menjabat sebagai konsultan onkologi ginekologi FKUI.

Walaupun penyebabnya masih bisa dibilang misteri atau tidak diketahui, berdasarkan penelitian yang dilakukan Andrijono, salah satu penyebab kuatnya terjadi hamil anggur adalah kekurangan vitamin A.

“Pada penelitian ini, kami mendapatkan hasil bahwa kadar vitamin A dalam darah penderita hamil anggur lebih rendah dibandingkan perempuan dengan hamil normal,” ujar Andrijono dalam acara pengukuhannya sebagai guru besar tetap dalam Obstetri dan Ginekologi FKUI. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa jika kadar vitamin A dalam darahnya kurang, risiko seorang wanita hamil dan menderita hamil anggur adalah 6,8 kali lebih besar.

Bahkan, risiko bisa meningkat sampai tujuh kali, jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama. Penelitian lain juga dilakukan pula terhadap kadar vitamin A. Pemberian vitamin A pada biakan sel-sel hamil anggur, terbukti dapat meningkatkan kematian sel hamil anggur. “Penelitian tersebut menunjukkan bahwa vitamin A dapat mematikan sel-sel hamil anggur secara fisiologis, sehingga pemberian vitamin A dapat merangsang pemulihan pada penderita hamil anggur,” ujarnya.

Dalam penelitian lain, vitamin A juga dapat meningkatkan proses kesembuhan serta mencegah terjadinya kanker yang disebabkan sel hamil anggur yang tumbuh berlebihan. Pencegahan ini pun cukup efektif karena mudah dilaksanakan dan murah.

“Pencegahan tersebut akan menurunkan angka kesakitan, mempercepat pemulihan fungsi reproduksi, menurunkan angka kegagalan fungsi reproduksi, serta menurunkan kematian,” tuturnya. Vitamin A sangat penting peranannya dalam menanggulangi hamil anggur. Pemenuhan gizi, khususnya vitamin A, akan menghindari ibu yang akan hamil dari kekurangan vitamin A. Dan terhindarnya calon ibu dari kekurangan vitamin A, akan membantu untuk menghindari kemungkinan menderita hamil anggur.

“Vitamin A juga akan memulihkan kesehatan penderita hamil anggur, sehingga penderita dapat segera hamil dan melahirkan bayi yang sangat didambakan,” ungkapnya.

sumber : okezone.com

shareSocial Bookmarking

2 responses to this post.

  1. Posted by willy on November 24, 2010 at 4:45 am

    istri saya juga mengalami hamil anggur dan harus dikemoterapy,yg ingin saya tanyakan, adakah tindakan lain selain kemo danno hp dokter brp yah

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: