Waspadai Penyakit Degeneratif di Usia Senja

Waspadai timbulnya penyakit degeneratif di usia senja

MENIKMATI masa tua dengan kondisi sehat secara fisik, mental, dan sosial tentu menjadi dambaan setiap orang. Akan tetapi, apakah kita dapat dengan sukses melewati masa muda dan dewasa untuk kemudian mempersiapkan masa tua seperti gambaran tersebut? Jawabannya, pasti bukan hal yang mudah.

Berdasarkan Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT tahun 2000), usia harapan hidup masyarakat Indonesia adalah 72 tahun. Artinya, manusia Indonesia banyak yang mampu untuk mencapai usia 72 tahun. Meski begitu, bukan berarti di usia tersebut bebas dari penyakit.

“Usia lanjut tentu tidak lepas dari aspek fisik, psikologis atau mental dan sosial,” kata dokter spesialis Andrologi Fakultas Kedokteran UGM, dr Dicky Moch Rizal, Sp.And.,¬† AIFM,M.Kes, dalam Seminar Menciptakan Gaya Hidup Sehat Di Usia Senja Dalam Proses Degeneratif yang diselenggarakan GMC Health Center di ruang R Margono Suradji Fakultas Kedokteran Gigi, Sabtu (3/7/2010).

Aspek fisik pada usia lanjut, sambung Dickky, ditandai dengan munculnya proses degeneratif atau penurunan fungsi atau perubahan struktur dari keseluruhan organ.

Apabila proses degeneratif ini semakin berat, maka bukan tidak mungkin masa tua akan diisi dengan berbagai macam aktivitas pengobatan keluhan atau penyakit yang muncul seperti kencing manis, hipertensi atau penyakit jantung dan pembuluh darah, auto immune, infeksi ataupun dilipidemia.

“Munculnya berbagai penyakit itu akan mempengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk seksualitas dan berakhir dengan penurunan kulitas hidup,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Dicky mengemukakan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi beberapa keluhan dari problem degeneratif di usia senja, yaitu melalui upaya sederhana mandiri serta upaya medis.

Upaya sederhana mandiri dicontohkan melalui nutrisi sehat kaya antioksidan, olahraga, tidak stres, dan tidak merokok. Sementara dengan upaya medis bisa melalui pemberian insulin dan terapi sulih hormone.

“Langkah pencegahan bisa kita lakukan baik dengan upaya sederhana mandiri maupun upaya medis,” tambah Dicky.

Sementara itu dr Probosuseno, SpPD, KGer, FINASIM, dari Sub Bag Geriatri Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK UGM/SMF Geriatri RS Dr Sardjito Yogyakarta mengatakan, penampilan penyakit pada usia lanjut usia sering tidak jelas, kronik, banyak bersifat endogen, tersembunyi, multiple, progresif, tidak memberikan kekebalan, bahkan justru lebih rentan terhadap penyakit, serta bisa mengakibatkan cacat lama sebelum terjadinya kematian.

Senada dengan Dicky, Probosuseno juga menyebutkan, beberapa penyakit degeneratif yang sering muncul pada usia lanjut seperti tekanan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah, kanker, kencing manis (diabetes mellitus/DM), tulang keropos, dan batu empedu.

“Kadang memang dari penyakit-penyakit di usia lanjut ini sering tidak jelas, bisa mengakibatkan cacat sebelum terjadinya kematian,” kata Probosuseno.

Khusus mengenai kencing manis atau DM, Probosuseno mengatakan bisa dicegah agar tidak timbul dengan mewaspadai semua faktor yang memengaruhinya, seperti keturunan, kegemukan, hingga nutrisi yang berlebih. Selain itu, bisa dilakukan pengobatan sebaik-baiknya, dicegah agar tidak terjadi komplikasi walaupun sudah sakit. Jika sudah terjadi komplikasi maka dicegah agar tidak terjadi kecacatan lebih lanjut.

“Misalnya dengan periksa mata tiap 6-12 bulan, foto dada setiap 1-2 tahun, EKG tiap 1 tahun, cek urin rutin dan periksa kaki secara berkala,” imbuhnya.

Akan lebih efisien dan efektif pencapaian harapan tersebut juga diwujudkan semacam paguyuban penyandang DM (diabetisi) yang disebut PERSADIA (Persatuan Diabetisi Indonesia) yang organisasinya sudah ada sampai tingkat nasional. Demikian pula perlunya setiap lembaga layanan kesehatan memiliki Edukator Diabetes atau jika bisa sekalian Diabetes Center.

sumber : okezone.com

shareSocial Bookmarking

2 responses to this post.

  1. ati-ati ved__jangan-2 penampilan mudamu itu tipuan (asline tuwek)__wkwkwkwkwkwkwk

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: